Rabu, Juni 17, 2009

UMY Ikut Pertukaran Mahasiswa di Malaysia

Enam mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan mengikuti program pertukaran mahasiswa di Ahmad Ibrahim Kulliyyah of Laws International Islamic University of Malaysia (AIKOL IIUM).

"Mereka akan berangkat ke Malaysia pada 20 Juli 2009 untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa antara FH UMY dengan AIKOL IIUM," kata Direktur Program Internasional FH UMY, Iwan Satriawan di Yogyakarta, Jumat (12/6).

Menurut dia, keenam mahasiswa yang telah melewati serangkaian proses seleksi tersebut selanjutnya akan tinggal di asrama AIKOL IIUM dan mengikuti kuliah "sit in" selama satu bulan.

"Selama di Malaysia, mereka juga diharuskan untuk mempresentasikan makalah mengenai sistem hukum di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, program pertukaran mahasiswa itu merupakan program unggulan FH UMY bekerja sama dengan AIKOL IIUM yang telah berlangsung sejak 2007.

"Selain mengirimkan mahasiswa, FH UMY juga menerima mahasiswa dari AIKOL IIUM untuk belajar di FH UMY selama satu bulan," katanya.

Menurut dia, program pertukaran mahasiswa itu merupakan salah satu bentuk peningkatan mutu FH UMY. FH UMY ingin memicu mahasiswa untuk berpikiran maju dan berwawasan internasional.

Saat ini keenam mahasiswa itu mendapat pelatihan secara intensif untuk mata kuliah hukum konstitusional, hukum kriminalitas, Bahasa inggris, dan metode presentasi sebagai persiapan menjelang keberangkatan ke Malaysia.

Sumber: Media Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar