Rabu, Juni 17, 2009

Pertukaran Pelajar, apa manfaatnya?

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Begitu kata pepatah. Dari sekian banyak pengalaman yang berharga, hidup di negeri orang dengan budaya, kebiasaan dan lingkungan yang berbeda sembari belajar merupakan pelajaran hidup yang tak ternilai.

Dengan berpartisipasi menjadi seorang pertukaran pelajar, kita dihadapkan pada "realitas" lain yang mengesankan, sekaligus menegangkan. Mengesankan karena kita dapat berjumpa dengan banyak sahabat dan keluarga dari bermacam-macam negara dan berbagai latar belakang. Menegangkan, karena meski kita menjadi "tamu", kita tetap harus dapat menyesuaikan dan membawakan diri terhadap lingkungan di sekeliling kita.

Paling tidak ada 3 manfaat yang dapat secara langsung dirasakan oleh para peserta pertukaran pelajar. Pertama, menempa kemandirian dan kedewasaan. Mandiri untuk tinggal dan dapat survive ditengah budaya dan lingkungan yang berbeda. Kedua, lebih menghargai hubungan antar manusia dengan empathy, caring serta memiliki kesadaran bahwa kita hidup di satu bumi. Ketiga, mendapatkan kemampuan bahasa asing sekaligus teman dan sahabat dari banyak negara. Nah sekarang, bagaimana caranya? tunggu di posting berikutnya....

1 komentar:

  1. wah tertarik banget ni

    cepat kasih kabar ya...

    "new revolution "

    BalasHapus